Selasa, 13 Oktober 2015

MARKETING VS OPERASIONAL,MANA YANG LEBIH PENTING?



Dalam membuka usaha /bisnis ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan. Yaitu aktifitas sehari-hari adalah tentang  Marketing dan Operasional. Kedua proses ini haruslah berjalan secara seimbang dan bersama-sama.diharapkan akan terjadi keseimbangn dalam berbisnis.
Nah apa yang terjadi seandainya salah satu yang menonjol?Kalau salah satu dari aktifitas ini tidak berjalan seimbang akan menimbulkan masalah di dalam bisnis anda. Namun sayangnya, banyak para pebisnis cenderung lebih memprioritaskan salah satu dari proses bisnis ini.

  MARKETING VS OPERASIONAL,MANA YANG LEBIH PENTING?

                 

Untuk menggambarkan, mari kita ambil contoh dibawah ini:

   1.Promosinya gencar, tetapi Operasional belum Siap


Dalam kondisi ini boleh jadi marketing anda bagus, promosi anda gencar, sehingga brand anda banyak dikenal oleh konsumen. Namun ternyata operasional anda belum siap, pelayanan terhadap konsumen rendah, dan sehingga konsumen anda banyak komplain. Hal ini menjadi sangat bahaya sekali ketika produk/jasa anda dikenal banyak orang, namun semakin banyak orang yang komplain terhadap pelaksanaan pelayanan anda. Maka anda justru lebih dikenal sebagai bisnis/produk/pelayanan yang buruk. Ini menjadi boomerang yang berbahaya terhadap bisnis anda.


 Baca juga :cara mengelola usaha toko anda

  1. Operasional Bagus, tetapi Proses promosinya kurang
Dalam hal ini operasional anda telah didesain dengan sangat bagus sekali, SOP jelas, proses proses bisnis juga berjalan dengan sistem yang bagus. Namun anda lupa dalam mengerjakan aktifitas – aktifitas marketing yang menghasilkan Omzet. Tentu saja hal ini akan merugikan bisnis anda, karena biaya banyak keluar untuk operasional, namun tidak ada omzet
Itulah kenapa kedua proses ini haruslah berjalan beriringan di dalam bisnis anda. Karena kedua proses ini mempunyai peran yang sangat penting. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan tujuan jangka pendek (goal) bisnis anda. Marketing bertugas untuk mencetak penjualan (OMZET) sedangkan operasional bertujuan untuk menjalankan proses bisnis dan mencetak PROFIT.
Metode diatas sangat cocok untuk bisnis atau jenis usaha yang katagori produsen atau distributor yang membutuhkan create demand pasar.beda halnya kalau untuk membuka bisnis yang tidak harus promosi secara gencar akan tetapi sangat ditentukan oleh tempat lokasi yang strategis misalkan (jualan bakso,toko minimarket,jualan kelontong dll) pun demikian tentunya akan lebih powerfull lagi apabila dibarenngi dengan promosi yang baik.

Baca juga : 

Distributor lampu Philips terlengkap

Genteng keramik berglazur murah dan berkualitas

Lantai Granit Maxnum Berkualitas harga pabrik

0 komentar:

Posting Komentar